News Detail

Mau Coba Mountain Biking? Yuk Ikutin Saran Rama, Juara Men Sport A

Mau Coba Mountain Biking? Yuk Ikutin Saran Rama, Juara Men Sport A

Solo - Rama Teguh Adi Pratama, pebalap Linting Racing Team berhasil keluar sebagai juara pertama 76 IDH Urban Downmall Hartono Mall Solo 2019 kelas Men Sport A. Meski hanya finish di peringkat ketiga pada Stage 2, Minggu (18/8/2019) namun, raihan peringkat pertama di Stage 1 mengatrol peringkat Rama hingga dipastikan sebagai juara kelas tersebut. 

Kali ini, IDH ngga mau membicarakan jalanannya race yang sebenarnya juga berlangsung cukup seru. Tapi, kami pingin denger nih saran Rama buat penghobi-penghobi baru yang tertarik ingin ikut olahraga mountain biking. 

Menurut Rama, mountain bike merupakan olahraga asyik yang wajib banget dicoba. Bagaimana konsentrasi melibas track, menatang gravitasi menjadi keseruan tersendiri yang membuatnya selalu ketagihan melakukannya lagi. 

“Buat teman-teman yang baru mungkin mau ikut olahraga ini, terpenting safety first. Gunakan semua pengaman seperti body protector (knee, elbow dan chest) saat bersepeda. Kadang pada males karena tidak nyaman, tapi itu penting untuk keamanan kita,” ungkap Rama usai dipastikan menjadi juara Men Sport A. 

Pilihan sepeda pun menurut Rama menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Jenis XC (cross country), AM (All Mountain), FR (Free Ride) atau DH (Downhill) memiliki kegunaan dan pengaruh kenyamanan berbeda. 

“Kalau seperti downmall ini, cocok pakai single suspensi, karena kalau yang dobel terlalu berat dan susah handlingnya. Jadi bisa pakai AM atau FR tergantung kenyamanan masing-masing, tapi kalau saya AM lebih asyik,” imbuh dia. 

Pebalap yang tahun lalu masih bermain di Men Elite ini juga turut menyampaikan rahasia yang biasa dilakukan para atlet agar bisa prima ketika berada di atas sepeda. “Kalau bisa latihan endurance juga, biar kuat di atas sepeda. Bisa dengan bersepeda jarak jauh dengan waktu lama. Kata senior-senior saya dulu begitu, saya coba terapkan dan kelihatan perbedaanya, lebih enteng nafasnya jadi mau handling sepeda mudah, kaya menyatu dengan kita,” lanjut Rama. 

Nah, sepertinya tidak sulit untuk diwujudkan ya. Kamu salah satu yang tertarik mountain biking? Tidak ada salahnya mencoba saran Rama.

OFFICIAL PARTNER